Senin, November 28

Kebingungan cara setting TV digital dari TV analog? Tidak boleh panik! Di sini, kamu bisa mendapati tutorial selengkapnya dengan singkat. Dijamin, kamu langsung bisa melihat siaran favoritmu tanpa perlu panggil operator.

Sama seperti yang kamu ketahui, per tanggal 2 November 2022 lalu, Pemerintahan lewat Kominfo dengan cara resmi mematikan semua TV analog di Indonesia dan berpindah ke TV digital. Maksudnya untuk memperoleh tayangan dengan kualitas yang lebih bagus.

Namun, ada banyak yang kebingungan langkah berpindah dari TV analog ke TV digital. Apa lagi, tidak semua warga telah mendapatkan set top box, baik dari Pemerintahan atau membeli sendiri.

Oleh karena itu, berikut ini akan membahas langkah setting TV digital untuk semuanya merk dari Samsung, Toshiba, Polytron, sampai Sony.

Cara Setting TV Digital dengan Set Top Box

Cara Setting TV Digital dengan Set Top Box

Untuk kamu yang masih mempunyai TV analog, janganlah lekas dibuang. Faktanya, TV kamu bisa tangkap tayangan TV digital dengan kontribusi set top box (STB) atau antena TV digital. Harga juga benar-benar dapat dijangkau, yaitu dimulai dari Rp150.000 saja.

Support: Sbobet88 Agen Judi Bola Bandar Link Sbobet88 Mobile Login

Bagusnya, Pemerintahan melangsungkan program pembagian STB gratis untuk warga, terutamanya yang masuk ke golongan kurang sanggup.

Berikut cara setting TV digital memakai set top box dengan mudah:

  1. Persiapkan STB DVB-T2 dan TV analog.
  2. Yakinkan STB sejenis DVB-T2 dan memberikan dukungan tambahan antena pada TV analog.
  3. Yakinkan TV analog mati atau Power Off.
  4. Cabut kabel antena yang sudah dipasang di TV analog.
  5. Hubungkan kabel antena ke port namanya “ANT IN” pada bagian punggung STB.
  6. Hubungkan kabel HDMI dari port di STB ke TV analog.
  7. Bila TV analog belum memberikan dukungan lanjutan HDMI, hubungkan dengan kabel AV yang punyai tiga ujung konektor warna merah, kuning, dan putih.
  8. Yakinkan STB sudah tersambung dengan daya.
  9. Hidupkan STB dan TV analog.
  10. Membuka menu penataan TV analog, tentukan model penampilan AV.
  11. Tentukan pilihan Auto Tunning.
  12. Bila daftar aliran tayangan digital sudah ada, tentukan pilihan Simpan.
  13. Tayangan digital di TV analog dapat dinikmati.

Awalnya, kamu harus pastikan lebih dulu apa wilayahmu telah memiliki signal aliran digital atau memang belum. Bila tidak dapat, karena itu set top box dan TV digitalmu tidak bisa digunakan.

Apakah Dapat Setting TV Digital Tanpa Set Top Box?

TV analog tidak memiliki reseptor yang dipakai untuk tangkap tayangan digital. Itu penyebabnya, bila kamu akan berpindah dari TV analog ke digital, kamu memerlukan fitur set top box.

Support: Sbowin Apk Link Alternatif Agen Sbowin Mobile Login 2022

Bila kamu tidak ingin beli piranti ini, harus kamu harus menukar TV analog dengan TV yang telah mempunyai spek DVB-T2, tipe Smart TV, atau Android TV.

TV Digital Tidak Ada Sinyal Tayangan? Berikut ini adalah Penyebabnya.

Penyebab TV Digital Tidak Ada Sinyal

Apa yang terjadi bila TV digital tidak dapat tangkap tayangan? Dikutip sejumlah sumber, berikut beberapa faktor yang mengakibatkan TV tidak dapat terhubung sinyal tayangan.

  1. Set top box yang rusak dan memiliki masalah.
  2. Antena yang hancur atau salah status.
  3. Lokasi rumah yang tidak dapat dijangkau sinyal digital.
  4. Pada keadaan yang sangat jarang, terserang cuaca jelek.
  5. TV digital memiliki masalah.

Demikian keterangan komplet tentang cara setting TV digital memakai set top box. Selainnya gampang, langkahnya juga cepat dan singkat.

Selamat mempraktikkan dan nikmati tayangan digital melalui TV kamu. Dijamin tidak alami masalah karena cuaca atau beberapa hal recehan yang lain.

Share.
Exit mobile version